Kamis, 24 September 2009

RPP PTK BINA

Lampiran : 1



RANCANGAN PROGRAM
PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN
Siklus I


Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas : XI
Semester : II
Sekolah : SMAN 1 Amuntai
Waktu :

I. Kompetensi Dasar
Menulis Karangan

II. Tema
Informasi

III. Fokus Pembelajaran
Menulis kreatif Berita

IV. Aspek keterpaduan
Keterampilan menulis dan kebahasaan

V. Indikator
Pertemuan I
1. Siswa mampu menulis berita sesuai dengan rumus 5 W + 1 H
2. Siswa mampu menulis berita dengan menggunkan EYD dan tanda baca dengan baik.
3. Siswa mampu menulis berita sesuai dengan struktur berita

Pertemuan II
1. Siswa mampu meneliti berita hasil pekerjaannya
2. Siswa menanyakan hal-hal yang kurang dimengertinya.

VI. Materi Pembelajaran
1. Berita bencana alam
2. 5 w + 1 H
3. Ejaan : penggunaan huruf besar , tanda koma , tanda titik , tanda petik,, penulisan kata depan.
4. Kepala berita ,badan berita , kaki berita
5. Struktur berita

VII. Strategi Pembelajaran
A. Metode / teknik
Penugasan , pelatihan , Tanya jawab

B. Langkah –langkah
Kegiatan siswa (Pertemuan I)
1. Siswa disuruh menulis berita tentang bencana alam seperti banjir , kebakaran , gempa bumi, dll.
2. Siswa memasukkan unsur-unsur 5 w = 1 H dalam karanagnnya.
3. Siswa tidak mengabaikan EYD dalam menulis berita.
4. Siswa mengumpulkan hasil karangannya.

Kegiatan Siswa (Pertemuan II )
1. Membaca dan meneliti kekurangan hasil pekerjaan kemarin yang diberikan oleh guru
2. Menanyakan hal-hal yang belum dimengertinya mengenai kekurangan hasil pekerjaannya.

Kegiatan Guru
Pertemuan I
1. Memerintah siswa untuk membuat naskah berita
2. Menentukan batas minimal dan maksimal naskah yang dibyat
3. Menentukan ruang lingkup tema yang digarap
4. Mengontrol pekerjaan siswa.
Pertemuan II
1. Memberi komentar hasil pekerjaan siswa
2. Memberi penilaian
3. Mengembalikan hasil pekerjaan siswa kepada yang bersangkutan.
4. Membagi lembaran / potongan Koran untuk diteliti

VIII. Media Pembelajaran
A. Alat Pembelajaran
1. Potongan Koran yang berisi berita bencana alam atau lainnya,
2. Map untuk menyimpan tugas siswa
B. Sumber Pembelajaran
1. Koran B.post berbagai edisi
2. Cermat Berbahasa Indonesia oleh Zainal Arifin dan S. Amran T
3. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan oleh Depdikbud Pusat
4. Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Depdikbud
5. Menulis Sebagai Suatu Ketrempilan Berbahasa oleh Dr. Henry G.tarigan
6. Dasar-Dasar Ketearmpilan Menulis oleh Zelkifli ,M.Pd.

IX. Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian dilakukan dengan menggunakan portofolio
2. Penilaian proses dan secara tertulis setelah pembelajaran

B. Alat Penilaian
Disediakan sebuah berita
1. Sudah teaptkah judul berita tersebut ?
2. Jelaskan bagaimana struktur berita tersebut ?
3. Tuliskan komponen-komponen yang terdapat dalam berita tersebut.
4. Menurut Anda , apakah EYD dalam naskah berita itu ada ayng penulisannya kurang tepat ? Jelaskan !

Amuntai , Juni 2007

Guru Mata Pelajaran,

Fahrurraji, S.Pd.
NIP. 131676788


Lampiran : 1I



RANCANGAN PROGRAM
PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN
Siklus II



Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas : XI
Semester : II
Sekolah : SMAN 1 Amuntai
Waktu : 2 X pertemuan


I. Kompetensi Dasar
Menulis Karangan

II. Tema
Informasi

III.Fokus Pembelajaran
Menulis kreatif Berita

IV.Aspek keterpaduan
Keterampilan menulis dan kebahasaan

V.Indikator
Pertemuan I
1. Siswa mampu meneliti berita dari koran yang disuguhkan oleh guru.
2. Siswa mampu menemukan struktur yang membangun berita yang dibacanya.
3. Siswa mampu menunjukkan komponen-komponen berita yang dibacanya

Pertemuan II
1. Siswa mampu menulis berita tentang bencana alam dengan berpedoman pada contoh berita yang telah diberikan oleh guru.
2. Siswa mampu menulis berita dengan memperhatikan keefektifan judul .
3. Siswa mampu menulis berita dengan struktur piramida terbalik
4. Siswa mampu menulis berita dengan menggunakan komponen 5 W + 1 H

VI. Materi Pembelajaran
1. Berita bencana alam
2.5 w + 1 H
3.Ejaan : penggunaan huruf besar , tanda koma , tanda titik , tanda petik,, penulisan kata depan.
4. Kepala berita ,badan berita , kaki berita
5. Struktur berita

VII.Strategi Pembelajaran
A. Metode / teknik
Penugasan , pelatihan , Tanya jawab

B. Langkah –langkah
Kegiatan siswa (Pertemuan I)
1. Siswa disuruh meneliti berita yang terdapat dalam koran yang diberikan oleh guru
2. Siswa mencari struktur yang mana yang digunakan dalam membangun berita itu .
3. Siswa menunjukkan komponen-komponen yang membangun berita yang sedang ditelitinya..

Kegiatan Siswa (Pertemuan II )
1. Menulis berita tenatng bencana alam dengan berpedoman keapda contoh berita yang diberikan oleh guru.
2. Siswa menulis berita dengan memperhatikan ejaan , ketepatan , judul , struktur piramida terbalik.
3. Siswa menulis berita dengan menggunakan komponen 5 W + 1H .

Kegiatan Guru
Pertemuan I
1. Memerintah siswa untuk meneliti berita yang dibagikan
2. Menyuruh menacari struktur yang membentuk berita tersebut.
3. Menyuruh siswa untuk menunjukkan komponen-komponen apa saja
yang membangun berita tersebut.

Pertemuan II
1. Memerintah siswa membuat naskah berita tentang bencana alam minimal 2 paragraf maksimal enam paragraph
2. Menyuruh siswa membuat naskah berita dengan memperhatikan ketepatan ejaan , ketepatan judul dengan struktur berita piramiad terbalik dan menggunakan komponen 5 w + 1 H.

VIII. Media Pembelajaran
A. Alat Pembelajaran
1. Potongan Koran yang berisi berita bencana alam atau lainnya,
2. Map untuk menyimpan tugas siswa
B. Sumber Pembelajaran
1. Koran B.post berbagai edisi
2. Cermat Berbahasa Indonesia oleh Zainal Arifin dan S. Amran T
3. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan oleh Depdikbud Pusat
4. Kamus Besar Bahasa Indonesia oleh Depdikbud
5. Menulis Sebagai Suatu Ketrempilan Berbahasa oleh Dr. Henry G.tarigan
6. Dasar-Dasar Ketearmpilan Menulis oleh Zelkifli ,M.Pd.

IX.Penilaian
A. Prosedur Penilaian
1. Penilaian dilakukan dengan menggunakan portofolio
2.Penilaian proses dan secara tertulis setelah pembelajaran

C. Alat Penilaian
Disediakan sebuah berita
1. Sudah teaptkah judul berita tersebut ?
2. Jelaskan bagaimana struktur berita tersebut ?
3. Tuliskan komponen-komponen yang terdapat dalam berita tersebut.
5. Menurut Anda , apakah EYD dalam naskah berita itu ada yang penulisannya kurang tepat ? Jelaskan !

Amuntai , Juni 2007

Tidak ada komentar: